Selasa, 09 Februari 2010

reStart ; Pusat Rehabilitasi bagi Pecandu Game dan Internet

Kecanduan internet dan video game telah menjadi persoalan besar di negara-negara maju. Makin banyak anak muda yang kecanduan produk teknologi itu hingga antipati terhadap lingkungan sekitarnya.

Tapi jangan khawatir, kini telah ada pusat perawatan khusus untuk orang-orang yang kecanduan internet dan video game bernama reStart. Sayangnya, lembaga ini baru ada di Amerika Serikat yang terletak di sebuah lokasi di daerah pedesaan seluas negara bagian Washington, lokasi yang dingin dan tidak ada teknologi guna menghindari pasien berdekatan dengan dunia teknologi.

Lembaga ini didirikan oleh Hilarie Cash, seorang psikoterapi dan Cosette Rae, seorang terapis sosial. Mereka beranggapan kecanduan terhadap internet dan video game telah menjadi masalah besar selama beberapa dekade terakhir saat teknologi menjadi bagian utama kehidupan manusia. Masalah kian buruk karena lebih banyak anak-anak zaman sekarang tumbuh bersama teknologi lebih dini dari seharusnya. Jika mereka dibiarkan menghabiskan banyak waktu di dunia maya atau bermain video game, perkembangan fisik dan mental mereka menjadi tidak seimbang.

Tipe pecandu game biasanya menjadikan mereka kurang memiliki keterampilan bersosialisasi dan kurang percaya diri. Game didesain untuk membuat orang ketagihan dan mereka yang ketagihan merupakan orang-orang yang menganggap dunia nyata itu menyakitkan atau menakutkan. Komputer dan video game juga sering menjadi pelarian bagi anak-anak yang sedang tumbuh dewasa untuk menghindari berbagai masalah sulit yang biasa menyertai masa pertumbuhan mereka. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan reStart, anak-anak yang menghabiskan waktu terlalu banyak di depan komputer atau video game dapat tumbuh menjadi seseorang yang sulit menyesuaikan diri secara sosial.

ReStart merancang program rehabilitasi terdiri dari sejumlah skill bersosialisasi dengan orang lain seperti cara memulai percakapan dan membaca bahasa tubuh orang lain. Program reStart juga memprogram ulang kegiatan mereka sehari-hari seperti mandi, makan, dan pekerjaan rumah yang lain. Mereka yang menjadi pasien reStart juga mendapat panduan tentang kapan saat yang tepat untuk kencan dengan pacar.

Jadi, setelah kita mengetahui bahaya internet dan video game bagi anak-anak yang sedang berkembang, telah saatnyalah kita mengawasi mereka guna menghindari dampak buruknya terhadap mereka. Jangan sampai anak atau saudara kita masuk rehabilitasi kecanduan dunia maya dan video game layaknya mereka kecanduan obat-obatan terlarang. Waspadalah!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar