Rabu, 20 April 2011

10 Fakta Menarik Tentang Indonesia

1. Tiga orang Presiden RI pertama memiliki bulan lahir yang sama, yaitu bulan Juni. Mereka adalah :
a. Presiden pertama RI, Bung Karno (Soekarno). Dengan nama asli Kusno Sosrodihardjo, beliau lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya
b. Pak Harto (Soeharto), Presiden terlama ini Lahir di Kemusuk, Argomulyo, Godean, Yogyakarta, pada tanggal 08 Juni 1921
c. Pak Habibi (Bacharuddin Jusuf Habibie), beliau lahir di Parepare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936

2. Istana Merdeka mulai dibangun pada tahun 1873 dan selesai pada tahun 1879. Istana tersebut di rancang oleh arsitek Drossares dengan luas 6,8 hektar dan 16 jumlah anak tangga yg terdapat di bagian depan gedung.

3.Sebelum digunakan oleh pemerintah Indonesia, Istana Kepresidenan Bogor digunakan sebagai rumah peristirahatan gubernur jenderal Belanda. Tercatat 44 orang gubernur jenderal Belanda pernah menjadi penghuni istana yang pada masa penjajahan bernama Istana Buitenzorg.

4. Istana Kepresidenan Tampaksiring merupakan satu-satunya Istana RI yang dibangun setelah Indonesia Merdeka, tepatnya pada tahun 1957.

5. WR. Soepratman, pencipta lagu kebangsaanIndonesia Raya, wafat pada tgl 17 Agustus 1938. Tepat tujuh tahun sebelum proklamasi kemerdekaan RI diproklamirkan.

6. Lagu 'Indonesia Raya' di ciptakan pada tahun 1924 dan dikumandangkan untuk pertama kali pada tanggal 28 Oktober 1928, tepatnya pada penutupan acara Kongres Pemuda II yang melahirkan Sumpah Pemuda.

7. Mobil Dinas Kepresidenan RI yang pertama adalah mobilBuick keluaran tahun 1939 yang digunakan Alm. Bung Karno. Sedangkan Alm. Bung Hatta menggunakan mobil dinas De Sotto. yang merupakan hadiah dari pengusaha sekaligus pamannya, Djohan Djohor. Kedua mobil ini dapat dilihat di Gedung Joang '45, Jakarta .

Mobil Buick
De Sotto

8. Republik Gabon di Afrika Barat memiliki tanggal kemerdekaan yang sama dengan RI (17 Agustus). Bedanya, Gabon merdeka pada tahun 1960 .

9. Rupiah dinyatakan sebagai mata uang nasional RI pada tanggal 2 November 1949.

10. 21 jumlah dentuman meriam yang dibunyikan untuk menyambut tamu negara yang merupakan Kepala Negara . Sedangkan untuk menyambut tamu negara yang merupakan Kepala Pemerintahan di bunyikan 19 kali dentuman meriam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar